Langsung ke konten utama

Mencari Solusi Sukses Masa Depan, UM Metro Kampus Pilihanku


Gambar. Kampus I UM Metro
Kampus adalah salah satu lembaga yang bertujuan membentuk kompetensi mahasiswa dan mahasiswi guna menghadapi dunia kerja. Dalam memilih kampus, kita tidak bisa asal memilih. Semua harus diperhatikan. Banyak orang bilang, kalau orang sudah pintar, mau sekolah di manapun, kuliah di manapun, tetap saja ia pintar. Menurut saya, pendapat tersebut ada benarnya, tapi ada juga salahnya. Suatu teori mengatakan bahwasanya, ada dua hal yang akan menentukan masa depan seseorang, yaitu meliputi faktor ekstern dan faktor intern. Faktor intern seperti bakat dan kerja keras. Faktor ekstern seperti kualitas sekolah, kualitas perguruan tinggi dan lain sebagainya. Tentunya, akan lebih optimal apabila bakat yang dimiliki diasah dan ditempa dalam sebuah lembaga yang berkualitas, sehingga bakat yang dimiliki dapat berkembang.

Berbicara mengenai perguruan tinggi, tentu banyak sekali perguruan tinggi yang sudah kita ketahui, di daerah kita sendiri bahkan di daerah lain di Indonesia. Ketika hendak memilih suatu perguruan tinggi, tentunya perlu suatu pertimbangan. Memilih sesuatu pastilah ada alasannya, apalagi bila menyangkut masa depan, pun pasti kita akan memilah-milah dan menimbang-nimbang antar beberapa pilihan hingga akhirnya sampailah pada suatu keputusan.

Baiklah, perkenalkan saya Hardiani Alvia. Seorang mahasiswi Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi S1 Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro. Universitas Muhammadiyah Metro adalah Universitas swasta di bawah naungan amal usaha Muhammadiyah, yang berada di Kota Metro, Lampung. Lokasi lebih tepatnya bisa dilihat DI SINI. Kampus Universitas Muhammadiyah Metro terbagi pada empat tempat yang berbeda, Kampus I di Jl. KH Dewantara No. 116 Iringmulyo, Metro Timur. Kampus II di  Jln. Ki Hajar Dewantara, 38 Banjar Rejo, Lampung Timur. Kampus III di Jl. Gatot Subroto No. 100, Yosodadi, Metro Timur, dan Kampus IV di Jl. Proklamasi, Ganjaragung, Metro Barat.

Berikut beberapa rincian program studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Metro

A. Program Studi Program Diploma (D3)

1. Akuntansi
2. Perbankan dan Keuangan
3. Sistem Informasi

B. Program Studi Program Sarjana (S1)

1. Pendidikan Agama Islam (PAI)
2. Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
3. Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
4. Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
5. Bimbingan Konseling
6. Pendidikan Ekonomi
7. Pendidikan Sejarah
8. Pendidikan Matematika
9. Pendidikan Biologi
10. Pendidikan Fisika
11. Pendidikan Bahasa Inggris
12. Manajemen
13. Akuntansi
14. Teknik Sipil
15. Teknik Mesin
16. Hukum
17. Ilmu Komputer

C. Program Studi Magister (S2)

1. Magister Pendidikan Biologi
2. Magister Manajemen
3. Administrasi Pendidikan

Program Studi Pendidikan Biologi bukanlah program studi yang jarang ditemukan. Banyak sekali perguruan tinggi yang di dalamnya terdapat Program Studi Pendidikan Biologi. Pertanyaannya, mengapa harus Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro)? Ya, saat ini, kualitas kampus ditentukan oleh sebuah akreditasi, tak memandang apakah itu universitas negeri atau swasta. Akreditasi adalah suatu ‘label’ yang menunjukkan kualitas suatu lembaga, baik sekolah, perguruan tinggi, maupun rumah sakit. Tidak ada perbedaan antara kampus negeri dan swasta, selama akreditasi di antara keduanya sama. Universitas Muhammadiyah Metro saat ini terakreditasi perguruan tinggi dengan peringkat B. Program studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Metro, semuanya terakreditasi dengan peringkat A dan B. Simak beritanya DI SINI

Perguruan tinggi adalah suatu 'rumah ilmu'. Ilmu menunjukkan kualitas seseorang. Ilmu yang dimiliki harus dibarengi dengan iman. Semakin banyak ilmu, seharusnya seseorang lebih mengenal Tuhannya dan lebih beriman. Ada suatu kalimat bijak bahwa berilmu tanpa beriman itu rapuh, beriman tanpa berilmu itu buta. Yang pada intinya beriman dan berilmu adalah elemen penting yang harus kita miliki. Dalam suatu ayat Allah SWT berfirman:








“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat, dan Allah Subhanahu Wata’ala  Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujadalah: 11). Saya termasuk orang yang beruntung, karena dapat menimba ilmu di perguruan tinggi ini. Universitas Muhammadiyah Metro adalah universitas yang mempunyai visi "Terintegrasinya Nilai-nilai Islam dalam Kompetensi Individu dan Lembaga Menuju Sepuluh Besar Perguruan Tinggi Muhammadiyah Terbaik pada Tahun 2020”. Tak heran, jika dalam setiap aktivitas perkuliahan akan selalu ada integrasi nilai-nilai Islam. Ini adalah salah satu poin kelebihannya.


Dalam suatu pendidikan, keterampilan merupakan suatu hal penting yang juga harus diasah. Beberapa Laboratorium tersedia di Uniiversitas Muhammadiyah Metro. Hal ini semakin menunjukkan bahwa Universitas Muhammadiyah benar-benar serius dalam membentuk mahasiswa dengan ‘paket komplit’. Beberapa Laboratorium itu adalah Laboratorium untuk masing-masing program studi., Laboratorium Media dan Komputer, Laboratorium Microteaching dan lain-lain.

Gambar. Suasana Praktikum di Laboratorium IPA Terpadu UM Metro
Sumber: Dokumen Pribadi

Universitas Muhammadiyah Metro selalu berupaya mengikuti kemajuan teknologi. Di era RI 4.0. ini, aktivitas yang ada di kampus pun banyak yang sudah beralih ke sistem online melalui web UM Metro.  Semua ada di sana, dari mulai pendaftaran kuliah, e-learning, entry KRS, melihat Kartu Hasil Studi (KHS), hingga tagihan biaya kuliah bisa kita lihat di Web tersebut.

Latar belakang ekonomi merupakan suatu alasan yang juga sering terdengar dari orang-orang yang putus pendidikan. Di masa sekarang ini, seharusnya ekonomi tidak menjadi penghalang untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Beasiswa yang tersedia saat ini sudah bermacam-macam, baik dari pemerintah, pihak swasta, maupun dari pihak sekolah/kampus tersebut, tinggal bagaimana usaha kita untuk bisa mendapatkan beasiswa. Keraguan tentang ekonomi juga sempat saya rasakan. Suatu rezeki yang amat luar biasa, saya bisa menerima beasiswa bidikmisi. Berbicara mengenai beasiswa, berikut beberapa beasiswa di UM Metro 

Gambar. Penulis, sebagai Peraih Beasiswa Bidikmisi
Sumber: Instagram UM Metro (@um_metro)

Kualitas Universitas Muhammadiyah Metro bagi saya sudah tidak diragukan lagi. Belakangan ini, Universitas Muhammadiyah Metro meraih predikat Kampus Swasta Terbaik 3 se-Sumbagsel dari L2DIKTI. Simak beritanya DI SINI. Sementara itu, menurut versi 4icu, Universitas Muhammadiyah Metro terpilih sebagai universitas terbaik tingkat kopertis wilayah 2. Simak beritanya DI SINI

Dalam menghadapi tantangan ke depan, tentunya sekedar teori saja tak cukup untuk bersaing di dunia kerja. Kemampuan dalam berorganisasi, manajemen, kerjasama, dan kepandaian berbicara menjadi sangat penting. Universitas Muhammadiyah Metro banyak menyediakan organisasi-organisasi kemahasiswaan yang tentunya bermanfaat bagi mahasiswa untuk melatih diri dan mengembangkan bakat yang mungkin tidak bisa didapatkan dalam perkuliahan di kelas. 
Gambar. Darul Arqom Dasar (DAD) IMM UM Metro

Bagi sahabat blogger yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai Universitas Muhammadiyah Metro, berikut saya sajikan alamat-alamat media sosial UM Metro:

Youtube:UMMetroTV

UM Metro
Solusi Sukses Masa Depan
UM Metro Pilihanku
UM Metro Kampusku
UM Metro Kampus Terbaik

Komentar

  1. Wah. Bisa jadi salah satu referensi kampus pilihan ini.

    BalasHapus
  2. Um benar benar solusi masa depan

    BalasHapus
  3. Happy Weekend para member setia ARENADOMINO,
    kali ini kami akan memberikan kepada kalian semua refrensi ,
    untuk kalian yang mau mencari situs poker online hanya dengan 1 USER ID KALIAN BISA BERMAIN DI BANYAK GAME ,
    kalian bisa bermain bersama ARENADOMINO,
    karena ARENADOMINO adalah situs yang terpercaya dan juga situs yang memberikan kalian semua bonus yang besar ,
    dan juga berapapun kemenangan yang kalian dapatkan akan di bayarkan lunas, Daftarkan diri kalian sekarang juga bersama ARENA-DOMINO.COM
    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    WA : [+855]964967353
    Line: ARENA_01
    Ayo tunggu apalagi !!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenangan Indah di Pendidikan Biologi UM Metro

Kenangan Indah di Pendidikan Biologi UM Metro Berbicara mengenai kenangan tentunya banyak sekali hal yang bisa dijadikan kenangan. Namun, tidak semua kenangan itu indah adanya, baik ataupun buruknya suatu kenangan, tentu semua akan masuk kedalam album kehidupan diri kita masing-masing, yang buruk diperbaiki, dan yang sudah baik dipertahankan, bahkan harus ditingkatkan. Kenangan adalah segala sesuatu yang telah terjadi yang membekas di hati dan pikiran kita, sehingga kita amat sulit untuk melupakannya. Di usia yang sudah tepat 20 tahun ini, tentunya sangat banyak sekali kenangan yang saya ingat selama hidup saya. Pada kesempatan ini, saya tertarik untuk berbagi kenangan terbaru dalam hidup saya, yaitu kenangan selama berkuliah di salah satu perguruan tinggi di Kota Metro, Lampung, yaitu di Universitas Muhammadiyah Metro Program Studi S1 Pendidikan Biologi. Ada beberapa kenangan yang akan saya tulis disini, berikut cerita dibalik kenangan ini....   1. Menjadi Asisten Labora

Cara Membuat Blog

Assalamualaikum semua... kali ini saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya belajar membuat blog . O.K. langsung saja, Check it Out... Hari itu tanggal 25 november 2016 memang sudah dijadwalkan bahwa akan ada praktik mata kuliah ICT Biologi yang akan dipandu oleh kakak tingkat. Yang kebayang dalam pikiran itu pasti praktiknya tentang word kalo nggak   ya excel atau powerpoint...atau bisa jadi SPSS, aplikasi yang bikin menakutkan hampir semua mahasiswa kelas A . Bagaimana eggak, waktu itu adalah minggunya SPSS, ehh maksudnya   di minggu itu jadwalnya belajar SPSS, bapak dosen , beliau   Pak Agus Sujarwanta, yang setelah masuk, memberi salam dan menyuruh berdoa besama sebelum belajar, tiba-tiba menanyakan kelompok siapa yang sudah menginstal spss??? Seketika itu juga kepala-kepala refleks tengok kanan tengok kiri, iyaa antara kaget, takut, bingung....(lebay dikitt hehe). Kalo aku sih pahamnya aplikasi SPSS mau dikasih di kelas, heheee gagal paham. Ntah gimana ceritanya